Wednesday, August 10, 2016

Jumlah Penduduk




Desa Macajah merupakan salah satu desa yang ada di tanjung bumi dari total 14 jumlah desa. Desa Macajah merupakan desa terluas yang ada di tanjung bumi, dibandingkan dengan desa lainnya. Dari data Penyusunan Database Potensi Desa/Kelurahan Pesisir menyebutkan bahwa luas wiayah macajah mencapai 465.50 Ha dengan jumlah 6 dusun.

No.
Jenis kelamin
Jumlah penduduk 
1.
Laki-laki
            1976
2.
perempuan
2149
Berkesinambungan dengan hal tersebut, jumlah penduduk desa mencapai 4125 jiwa yang di dominasi oleh perempuan. Untuk jumlah penduduk perempuan mencapai 2149 jiwa sedangkan laki-laki sejumlah 1976 jiwa, dengan jumlah Kartu Keluarga 1179 jiwa.
Sedangkan, dari pembagian umur warga Desa Macajah di dominasi oleh umur 35 - 44 tahun yang mencapai 14441 jiwa, umur 45 – 54 tahun mencapai 980 jiwa, umur 15 – 24 tahun mencapai 450 jiwa, umur 25-34 tahun mencapai 364 jiwa, umur 55 – 65 tahun mencapai 360 jiwa, < 15 tahun mencapai 315 jiwa, dan > 65 tahun mencapai 215 jiwa. 

No.
Umur
Jumlah penduduk (jiwa)
1.
> 65 tahun
215
2.
55- 65 tahun
360
3.
45 – 54 tahun
980
4.
35 – 44 tahun
1441
5.
25 – 34 tahun
364
6.
15 – 24 tahun
450
7.
< 15 tahun
315






B.    Jumlah Angkatan Kerja

Letak desa yang dekat dengan pesisir serta sebagian besar sumber daya alam yang berasal dari laut menjadikan masyarakat macajah sangat tergantung dengan laut. Setiap harinya hasil laut terkumpul dan di dayagunakan secara mandiri. Baik dimanfaatkan sebagai bahan makanan atau di keringkan untuk dijual, sebagian besar para nelayan berangkat di pagi hari antara jam 4 – 5 pagi dan pulang di siang hari, hasil laut di dominasi oleh ikan Teri.

Di lain sisi, ibu-ibu rumah tangga bekerja sebagai pembatik.  Produsen batik tidak bisa dibilang sedikit, karena sebagian dusun di Desa Macajah memiliki produsen batik yang sukses. Batik di edarkan ke beberapa kota dalam bentuk kain dengan panjang 2 meter dan motif yang berbeda-beda.

C.   Jenis Lapangan Usaha

Sumber daya alam yang melimpah seperti hasil laut dan keahlian perajin di Desa Macajah merupakan ciri khas yang sudah mendarah daging. Salah satu lapangan usaha yang tidak dapat lepas dari masyarakat macajah yakni bidang perikanan.

No.
Lapangan Usaha
Jumlah Penduduk (Jiwa)
1.
Bidang Perikanan
385
2.
Bidang Pertanian/Peternakan
148
3.
Bidang Perdagangan
185
4.
Pegawai Negeri (TNI, POLRI)
29
5.
Pegawai Swasta
10
6.
Industri
45
7.
Jasa
154







Dari penyusunan database potensi desa/kelurahan pesisir menyebutkan bahwa jumlah masyarakat yang bergerak di bidang perikanan mencapai 385 jiwa, dari data tersebut diketahui bahwa lapangan usaha terbesar di bidang perikanan. Sedangkan, untuk sisanya masyarakat yang bergerak dibidang pertanian/peternakan mencapai 148 jiwa, masyarakat yang bergerak di bidang perdagangan mencapai 185, masyarakat yang menjadi pegawai negeri (TNI/POLRI) 29 jiwa, pegawai swasta dengan 10 jiwa, industry 45 jiwa, sedangkan untuk masyarkat yang bergerak di bidang jasa mencapai 154 jiwa.


D. Agama

Sejarah yang mengukir Desa Macajah kental dengan suasana agamis, banyak sekali kyai dizaman dahulu yang menjadi tuntutan hingga menular dimasa sekarang. Desa Macajah merupakan salah satu desa yang masih memegang erat budaya dan kebiasaan yang ada dimasa dahulu, kebiasaan yang positif seperti madrasah, khotmil qur’an serta pendidikan Al-Quran dan fiqih di malam harinya.

Kegiatan tersebut berlangsung setiap hari dengan jadwal yang berbeda-beda. Oleh karena itu, mayoritas masyarakat Desa Macajah dengan memeluk agama Islam. Hasil wawancara yang telah kami lakukan kepada salah satu ustadz di dusun Budhuk menyebutkan bahwa di dusun tersebut sempat singgah penduduk non islam yakni budha. Namun hal tersebut terjadi secara singkat, tidak sampai meracuni keyakinan masyarakat di dusun budhuk.

E.  Pendidikan

Desa Macajah merupakan salah satu desa yang terletak jauh dari perkotaan, letak kota bangkalan dengan kecamatan tanjung bumi mencapai 43 km dengan lama perjalanan 1 jam. Sehingga bisa disebut kecamatan tanjung bumi khususnya di Desa Macajah merupakan desa yang masih berkembang.

Oleh karena itu, tingkat pendidikan di desa ini sangatlah rendah, data penyusunan database potensi desa/kelurahan pesisir menyebutkan untuk lulusan sarjana/diploma hanya 13 jiwa, lulusan SLTA/sederajat 53 jiwa, tingkat SLTP/sederajat dengan lulusan 116 jiwa, untuk tingkat SD mencapai 2171 jiwa, sedangkan lulusan yang tidak tamat SD.Tidak sekolah sekitar 39 jiwa.

No.
Pendidikan
Jumlah Penduduk (jiwa)
1.
Sarjana/diploma
13
2.
SLTA/sederajat
53
3.
SLTP/sederajat
116
4.
SD/sederajat
2171
5.
Tidak tamat SD/tidak sekolah
39
Data tersebut menunjukkan bahwa tingkat pemdidikan di Desa Macajah kecamatan tanjung bumi kabupaten bangkalan madura masih sangat rendah. Oleh karena itu  perlu dilakukan pendekatan terhadap masyarakat agar minat belajar serta kesadaran akan pentingnya pendidikan tumbuh di jiwa masing-masing.



F.   Suku
Berdasarkan data yang diperoleh dari kantor kecamatan, mayoritas penduduk macajah merupakan suku Madura. Sebagian besar dari mereka berasal dari seluruh daerah atau kabupaten di pulau Madura. Namun terdapat pula suku pendatang dari luar Madura seperti Jawa yang menjadi minoritas.
Suku pendatang bermigrasi ke madura oleh beberapa hal seperti pekerjaan dan perkawinan, sehingga tidak memberikan pengaruh yang signifikan terhadap keesistensian suku Madura.

Jika dilihat dari unsur kebudayaan, suku Madura memiliki ciri khas tersendiri; yang mana dipengaruhi dari faktor geografis. Suku Madura yang dikenal dengan orang pulau, memiliki nada bicara yang terbilang keras terlebih di Desa Macajah mayoritas warganya tinggal didaerah pesisir.

Dalam kebudayaan suku Madura, mereka terus melestarikan adanya ritual rokat tasek atau petik laut yang diakan setiap tahun. setiap daerah pesisir memiliki gaya berbeda dalam pelaksanaan ritual rokat rokat tasek. Sehingga menjadi keunikan tersendiri dari tiap masing-masing daerah di Desa Macajah tanjung bumi ini.

0 comments:

Post a Comment