Saturday, August 6, 2016



Situs gua di Dusun Guweh ini belum memiliki nama. Akan tetapi, sejumlah warga menyebutnya Gua Macajah. Menurut penuturan sejumlah sesepuh desa, gua ini pernah menjadi salah satu destinasi wisata yang sering dikunjungi warga, baik dari dalam Desa Macajah maupun dari luar. Akan tetapi, setelah pengelola gua meninggal dunia, Gua Macajah berubah kotor dan tak terawat. Hal ini membuat warga yang dulunya sering berkunjung kesana tidak tertarik lagi masuk ke dalamnya.
Tidak hanya itu, ada pula masyarakat sekitar yang mengatakan adanya rumor tentang adanya hal-hal mistis di dalam gua, seperti munculnya siluman, dan semacamnya. Tentunya, beredarnya rumor tersebut semakin membuat masyarakat tidak tertarik berkunjung ke gua tersebut. Akan tetapi, gua ini memiliki potensi yang besar untuk dikembangkan sebagai destinasi pariwisata. Sebab, menurut penuturan warga yang pernah masuk ke dalamnya, gua ini memiliki pemandangan yang indah dan menarik.
Gua Pangalangan
Tidak berbeda jauh dengan Gua Macajah, situs gua yang ada di Dusun Pangalangan juga memiliki rumor yang hampir sama, yaitu disebutkan terdapat hal-hal mistis di dalamnya. Hal ini membuat orang-orang takut masuk ke dalamnya. Akan tetapi, gua ini juga memiliki potensi yang besar untuk dikembangkan sebagai destinasi wisata alam.

0 comments:

Post a Comment