Wednesday, August 10, 2016

Desa Macajah memiliki potensi wisata alam yang cukup melimpah. Dalam hal ini, objek tersebut masih disebut ‘potensi wisata’ dikarenakan beberapa situs yang dimaksud belum dikembangkan sebagai destinasi wisata alam. Akan tetapi, warga Macajah dan sekitarnya sudah banyak yang mengunjungi beberapa situs potensial tersebut bersama teman atau keluarga.
Beberapa objek wisata alam yang ada di Desa Macajah, baik yang telah dibuka sebagai destinasi pariwisata maupun yang masih berbentuk potensi wisata, antaralain:
1. Pantai Siring Kemuning


Pantai Siring Kemuning adalah salah satu objek wisata bahari di Dusun Budduk. Pantai ini telah lama dibuka sebagai destinasi wisata dan dikelola oleh Pemerintah Daerah Bangkalan. Pantai Siring Kemuning memiliki air yang biru dan cukup jernih. Menariknya, batu karang yang ada di sekitar pantai ditumbuhi lumut, sehingga berwarna kehijauan. Pemandangan ini tidak hanya menjadikan Pantai Siring Kemuning sedap di mata, namun juga menjadikan hasil foto lebih menarik.

Suasana di Pantai Siring Kemuning terlihat masih sangat alami, hampir tidak ada sentuhan atau polesan manusi. Suasana di tepi Pantai Siring Kemuning cukup asri dan sejuk, di lokasi dekat pintu masuk terdapat pohon-pohon yang cukup rindang, cocok sekali digunakan untuk lesehan sekedar melepas penat selama perjalanan menuju pantai.
Karena telah dikembangkan sebagai destinasi wisata, terdapat sejumlah penjual makanan dan minuman ringan yang ada di sekitar pantai. Para pengunjung pantai ini pun tidak hanya berasal dari dalam Kabupaten Bangkalan, namun juga dari luar Kabupaten Bangkalan. Bahkan, ada pula pengunjung  dari luar Madura.
Di dekat Pantai Siring Kemuning jug terdapat sebuah masjid yang buka 24 jam. Fasilitas ini tentu sangat bermanfaat, khususnya bagi pengunjung muslim. Para pengunjung tidak perlu takut tidak dapat melaksanakan ibadah sholat, karena di dekat pantai terdapat masjid yang lengkap dengan fasilitas WC dan wudlu

2. Pantai Masaran


Pantai Masaran terletak di Dusun Masaran dan merupakan salah satu pantai yang potensial untuk dibuka sebagai destinasi wisata. Pantai ini merupakan tempat penambatan perahu nelayan yang ada di sekitar Desa Masaran. Tak heran, ketika berkunjung ke pantai ini akan kita temui banyak perahu nelayan.
Baru-baru ini, telah dilakukan reboisasi atau penanaman pohon cemara di sekitar pantai untuk memperindah pantai dan mencegahnya dari abrasi atau bencana alam lainnya. Tentunya, kondisi ini akan semakin meningkatkan keamanan dan kenyamanan masyarakat yang berkunjung ke pantai tersebut.

3. Waduk Dabbung

Sesuai namanya, waduk ini terletak di Dusun Dabbung, lebih tepatnya, berada di perbatasan Dusun Guweh. Waduk ini menjadi salah satu sumber mata air dan pengairan bagi warga Dabbung dan Guweh. Selain dimanfaatkan untuk kedua fungsi tersebut, sejumlah warga di sekitar waduk tersebut sering mengunjunginya ketika Minggu atau hari libur lainnya.
Waduk ini memiliki bebatuan karang yang cukup menarik, terutama ketika dijadikan latar belakang untuk selfie atau berfoto ria. Airnya yang jernih dan segar juga membuat pengunjung lega dan semakin betah berlama-lama main di sekitarnya.

4. Gua Macajah


Situs gua di Dusun Guweh ini belum memiliki nama. Akan tetapi, sejumlah warga menyebutnya Gua Macajah. Menurut penuturan sejumlah sesepuh desa, gua ini pernah menjadi salah satu destinasi wisata yang sering dikunjungi warga, baik dari dalam Desa Macajah maupun dari luar. Akan tetapi, setelah pengelola gua meninggal dunia, Gua Macajah berubah kotor dan tak terawat. Hal ini membuat warga yang dulunya sering berkunjung kesana tidak tertarik lagi masuk ke dalamnya.
Tidak hanya itu, ada pula masyarakat sekitar yang mengatakan adanya rumor tentang adanya hal-hal mistis di dalam gua, seperti munculnya siluman, dan semacamnya. Tentunya, beredarnya rumor tersebut semakin membuat masyarakat tidak tertarik berkunjung ke gua tersebut. Akan tetapi, gua ini memiliki potensi yang besar untuk dikembangkan sebagai destinasi pariwisata. Sebab, menurut penuturan warga yang pernah masuk ke dalamnya, gua ini memiliki pemandangan yang indah dan menarik.
5. Gua Pangalangan
Tidak berbeda jauh dengan Gua Macajah, situs gua yang ada di Dusun Pangalangan juga memiliki rumor yang hampir sama, yaitu disebutkan terdapat hal-hal mistis di dalamnya. Hal ini membuat orang-orang takut masuk ke dalamnya. Akan tetapi, gua ini juga memiliki potensi yang besar untuk dikembangkan sebagai destinasi wisata alam.


0 comments:

Post a Comment