Wednesday, August 10, 2016

A. Fasilitas Lembaga Pemerintahan




Ketersediaan tempat bagian sarana dan prasarana yang terpenuhi akan mendorong majunya kegiatan desa dan aktivitas sehari-hari. Sarana dan prasarana yang terbagi dan dikhususkan untuk masing-masing kegiatan desa akan mempermudah berjalannnya program sesuai dengan target yang diharapkan.

Hal tersebut dapat menunjang kebutuhan masyarakat macajah, serta memfasilitasi kebutuhan masyarakat dibidangnya masing-masing, baik di bidang pertanian, perikanan, perdagangan dan industri. Di bidang pertanian, masyarakat dapat memanfaatkan sarana dan prasarana sebagai tempat berkumpulnya kelompok tani, memusyawarahkan masalah-masalah pertanian yang terjadi selama satu musim tanam.

No.
Fasilitas Lembaga Pemerintahan dan Kemasyarakatan
Ada/Tidak
1.
Kantor Desa
Ada
2.
Kantor BPD
Tidak
3.
Balai/Gedung Pertemuan
Ada
4.
Kantor PKK
Tidak
5.
Kantor LPM/LKMD
Tidak

Data penyusunan database potensi desa/kelurahan pesisir menyebutkan fasilitas lembaga pemerintahan dan kemasyarakatan terdiri dari kantor desa, balai/ gedung pertemuan. Selain itu, kantor BPD, Kantor PKK, Kantor LPM/LKMD tidak tersedia.


B.  Sarana Peribadatan

Untuk menunjang budaya dan kebiasaan masyarakat macajah yang kental dengan suasana agamis, baik sebagai sarana ibadah maupun kegiatan pegajaran kitab, masyarakat macajah memiliki 32 mushala/surau, dan 4 masjid.

No.
Peribadatan
Jumlah (Unit)
1.
Masjid
4
2.
Mushola/surau
32

Keberadaan surau tersebut dimanfaatkan sebagai tempat beribadah dan kegiatan ngaji di sore harinya. Surau tersebut tersebar di rumah-rumah warga, mengingat ciri khas rumah madura luas dan memiliki tempat ibadah yang terletak di depan rumah masing-masing. Sedangkan empat masjid tersebar di beberapa dusun di Desa Macajah.
C. Sarana Pendidikan
Sarana dan prasarana pendidikan di Desa Macajah mengalami peningatan tiap tahunnya meskipun tidak begitu signifikan. Berdasarkan data yang diperoleh di tahun 2014, terdapat 3 SD di Desa Macajah, 6 MI, 1 SLTP/sederajat dan 1 SLTA/sederajat.
 Namun di tahun 2016 meningkat secara kuantitas menjadi 4 SD dan 1 PAUD/TK, berbanding terbalik ditingkat SMP dan SMA yang belum mengalami peningkatan.
Sarana pendidikan di Desa Macajah terbilang sederhana, meskipun jika dilihat dari letak geografisnya berada di area jalan raya utama penghubung kabupaten Bangkalan dan Sampang. Tiap SD memiliki satu kelas untuk tiap tingkat kelas 1 sampai 6, ruang guru dan kepala sekolah terdapat dalam satu ruangan, dan terdapat 2 wc.
Jumlah tenaga pendidik untuk 4 SD berjumlah 22 orang, 6 MI dengan jumlah pendidik sebanyak 36 orang, SLTP/sederajat dengan jumlah pendidik sebanyak 24, dan SLTA/sederajat sebanyak 27 pendidik.
Secara kualitas pendidikan di Desa Macajah terbilang masih kurang, hal ini disebabkan karena tidak seimbangnya antara jumlah peserta didik dan pendidik. Idealnya alam satu kelas didiisi oleh satu orang pendidik dengan jumlah peserta didik sebanyak 20 siswa. Namun faktanya, tiap kelas didisi oleh seorang pendidik dengan <20 peserta didik..

D. Sarana Kesehatan Masyarakat
Sarana dan prasarana kesehatan di Desa Macajah terbilang sangat kurang. Desa yang terdiri dari 6 dudun hanya memiliki 4 unit posyandu, sehingga dapat dipastikan tingkat kesehatan di Desa Macajah masih kurang. Jumlah bidan yang terdapat diDesa Macajah berjumlah satu bidan dengan bantuan seorang perawat.
 Sementara jumlah dukun beranak terlatih sebanyak 2 orang, hal tersebut menunjukan jika masyarakat diDesa Macajah lebih condong untuk menggunakan tenaga tradisional dibandingkan medis. Kuantitas dan kualitas yang masih kurang tersebut tidak menjadikan alasan bagi Desa Macajah untuk meningkatkan sarana dan prasarana tenaga medis. 

E.  Sarana Perekonomian

Desa Macajah, kecamatan tanjung bumi, kabupaten Bangkalan memiliki jumlah perekonomian yang rendah. Pada tahun 2014 hingga tahun 2016 ini memiliki sedikit perubahan, hanya terdapat dua macam perekonomian diantaranya toko, warung atau kios, dimana jumlah perekonomian tersebut masih sedikit. Jumlah toko yang terdapat di Desa Macajah pada tahun 2014 hanya 114 unit, sedangkan jumlah warung atau kiosnya terdapat 14 unit.
Dari tahun 2014 hingga tahun 2016 ini Desa Macajah masih tergolong desa yang sepi dengan perekonomian. Di Desa Macajah belum terdapat pasar tradisional, pasar swalayan, pasar hewan, minimarket, cafe, rumah makan, dan bank. Hanya warung kecil dan toko kecil yang terdapat pada desan macajah ini.


No
Jenis perekonomian
Jumlah (Unit)
1.        
Pasar Tradisional
-
2.        
Pasar pemerintah/inpres
-
3.        
Pasar Swalayan
-
4.        
Pasar hewan
-
5.        
Minimarket
-
6.        
Pasar/toko kerajinan dan seni
-
7.        
Toko
114
8.        
Warung/ kios
14
9.        
Cafe
-
10.     
Rumah makan/restoran
-
11.     
Bank
-

F.   Sarana Perhubungan
Kondisi saranan penghubung yang ada pada Desa Macajah, kecamatan tanjung bumi, kabupaten bangkalan masih sederhana, suasana desanya masih sangat terasa karena di Desa Macajah masih sedikit sarana penghubung dengan jalan beraspal. Masih banyak di Desa Macajah ini dengan kondisi jalannya berbatu dan jalan tanah.
Dari tahun 2014 hingga tahun 2016 jalan di Desa Macajah ini masih memiliki kondisi yang sama dengan dengan tahun 2014. Dimana jalan beraspal hanyan 2.0 km, sedangkan jalan berbatu berjarak 2.0 km, dan jalan tanah 4.0 km, namun jalan beraspal hanya terdapat pada jalan raya saja. Dari tahun 2014 hingga tahun 2016 terdapat perubahan, yaitu terdapat 1 buah jumbatan dengan kondisi baik.
No
Sarana Penghubung
Jarak (km)
1.        
Jalan Beraspal
2.0
2.        
Jalan berbatu
2.0
3.        
Jalan Tanah
4.0
4.        
Jembatan
1 buah

G. Lembaga Kemasyarakatan

Desa Macajah merupakan salah satu desa di Kecamatan Tanjung Bumi Kabupaten Bangkalan Madura. Berdasarkan data yang diperoleh pada tahun 2014 Desa Macajah memiliki lembaga kemasyarakatan yang terdiri dari PKK,LPM/LKMD dan juga karangtaruna. Masing-masing lembaga kemasyarakatan memiliki kepengurusan yang bertugas menghendel dan bertanggung jawab penuh terhadap semua kegiatan yang telah direncanakan
Lembaga kemasyarakatan
Jumlah
Pengurus PKK
3 orang
Pengurus LPM/ LKMD
9 orang
Pengurus Karangtaruna
1 orang

Lembaga kemasyarakatan di Macajah terbilang cukup aktif, hal ini disebabkan karena adanya kegiatan rutin yang dilakukan tiap minggu oleh Ibu-ibu  PKK, kegiatan tersebut meliputi: Pengajian, senam, dan melakukan kegiatan sosial. 

H.  Media Komunikasi dan Informasi
Masyarakat Desa Macajah memperoleh informasi dari orang ke orang melalui komunikasi secara langsung, yaitu dengan cara bertatap muka, baik dilakukan secara berkelompok maupun antar-pribadi. Selain memperolehnya dengan cara berkomunikasi langsung, masyarkat Desa Macajah juga berkomunikasi melalui media informasi dan komunikasi cetak maupun elektronik, diantaranya: telepon seluler, media sosial di internet, dsb. Berikut daftar media yang digunakan masyarakat Desa Macajah:
No
Jenis Media
Ketersediaan
1.
Koran
Ada
2.
Majalah/ tabloid
Jarang
3.
Buku
Ada
4.
Televisi
Ada
5.
Parabola/ satelit
Jarang
6.
Radio
Ada
7.
Telepon
Jarang
8.
Telepon genggam (handphone)
Ada
9.
Gadget/ smartphone
Ada
10.
Internet
Ada
Dari berbagai jenis media informasi dan komunikasi di atas, ada beberapa media yang digunakan secara intens setiap hari, namun ada pula media yang jarang digunakan. Tidak hanya itu, kemampuan masyarakat Desa Macajah dalam menggunakan masing-masing media juga belum merata. Beberapa media hanya dapat diakses oleh orang-orang dari kalangan dengan tingkat ekonomi menengah ke atas, dan beberapa media lainnya dapat digunakan oleh hampir sebagian besar masyarakat Desa Macajah.
Untuk mendukung penggunaan media informasi dan komunikasi tersebut, terdapat beberapa sarana publik yang menawarkan jasa penggunaan media. Salah satunya yaitu sarana warung internet (warnet) yang menawarkan jasa internet berbayar. Fasilitass ini sering dimanfaatkan oleh pelajar dan remaja untuk mengerjakan tugas-tugass sekolah dan mencari berbagai informasi dari internet.

Sementara warung telekomunikasi (wartel) yang menawarkan jasa telepon berbayar tidak tersedia di Desa Macajah. Sebab, media komunikasi berupa telepon sudah mulai ditinggalkan, dan beralih pada telepon genggam (handphone) atau jenis gadget (smartphone) lainnya.

0 comments:

Post a Comment