Friday, August 5, 2016


A. Wilayah Administrasi


Desa Macajah adalah salah satu wilayah administrasi Kecamatan Tanjung Bumi, Kabupaten Bangkalan. Secara administratif, Desa Macajah  terbagi menjadi 6 dusun, 6 RW (Rukun Warga) dan 18 RT (Rukun Tetanga). Luas Desa Macajah mencapai 465.50 Ha, pada ketinggian 3 m dari permukaan laut. Adapun keenam dusun yang ada di Desa Macajah, yaitu:
1.     Dusun Budduk
Wilayah Dusun Budduk terletak di paling barat Desa Macajah  sebelah utara. Desa ini berbatasan langsung dengan laut Jawa,  sehingga termasuk kawasan pesisir.
2.     Dusun Masaran
Wilayah Dusun Masaran berdekatan dengan Dusun Dubbuk. Tepatnya di sebelah timur Dusun Budduk, sehingga juga termasuk kawasan pesisir.
3.     Dusun Nyancangan
Dusun Nyancangan termasuk kawasan pesisir, dan berada di sebelah timur Dusun Masaran. Dusun ini merupakan kawasan paling timur dan berbatasan langsung dengan Dusun Tanjung Bumi.
4.     Dusun Pangalangan
Dusun Pangalangan terletak di seberang Dusun Nyancangan. Lebih tepatnya, berada di paling timur Desa Macajah sebelah selatan. Meskipun termasuk kawasan pesisir, di dusun ini juga terdapat aktivitas pertanian.
5.     Dusun Dabbung
Berada di sebelah barat Dusun Pangalangan yaitu Dusun Dabbung. Dusun ini diapit oleh Dusun Pangalangan dan Dusun Guweh yang berada di sebelah baratnya.
6.     Dusun Guweh
Dusun Guweh berada di seberang Dusun Budduk, hanya saja dipisahkan oleh jalan raya. Desa ini merupakan kawasan paling barat Desa Macajah sebelah selatan.


B.  Batas Wilayah Desa
Adapun batas wilayah administrasi Desa Macajah antaralain:
1.   Sebelah selatan berbatasan dengan Desa Tagungguh dan Desa  
      Bandang Daya
2.   Sebelah utara berbatasan dengan Laut Jawa
3.   Sebelah barat berbatasan dengan Desa Tlangoh
4.   Sebelah timur berbatasan dengan Desa Tanjung Bumi dan Desa
      Telaga Biru

D.  Orbitrasi

Letak Desa Macajah yang berbatasan langsung dengan Desa Tanjung Bumi, menjadikan jarak dan waktu tempuh dari Desa Macajah menuju Ibu Kota Kecamatan Tanjung Bumi termasuk dekat dan sebentar. Lebih tepatnya, jarak menuju Ibu Kota Kecamatan terdekat yaitu 1 km, sedangkan lama tempuh yang dibutuhkan sekitar 0,85 jam.
Namun, karena letak Kecamatan Tanjung Bumi berada di perbatasan Kabupaten Bangkalan dan Sampang, jarak dan waktu tempuh dari Desa Macajah menuju Kantor Kabupaten/ Kota Bangkalan termasuk jauh dan lama. Data orbitrasi yang dihimpun Kabupaten Bangkalan menyebutkan, jarak Ibu Kota Kabupaten/ Kota terdekat yaitu 43 km, sementara lama tempuh yang dibutuhkan sekitar 1 jam.
Jarak ke ibu kota kecamatan terdekat
1 km
Lama tempuh ke ibu kota kecamatan  terdekat
0,85 jam
Jarak ke ibu kota kabupaten/kota
43 km
Lama tempuh ke ibu kota kabupaten/kota
1 jam

Kondisi orbitrasi di atas menjadikan proses administrasi yang dilakukan aparat desa maupun masyarakat Desa Macajah tidak seimbang. Ketika mengurus administrasi di Ibu Kota Kecamatan, waktu yang dibutuhkan lebih cepat. Akan tetapi,  waktu yang dibutuhkan untuk mengurus administrasi dari Desa Macajah menuju Ibu Kota Kabupaten Bangkalan akan berjalan lebih lama

0 comments:

Post a Comment