Wednesday, August 10, 2016


Terasi adalah salah satu makanan fermentasi yang terbuat dari udang asli merupakan produk unggulan warga Macajah, Tanjung Bumi, Bangkalan. Lokasi Desa Macajah sendiri berada di pesisir utara pantai Bangkalan di mana mata pencaharian utama sebagian besar warga Desa Macajah adalah seorang nelayan. Hal tersebut sangat memungkinkan bagi para warga desa untuk memproduksi terasi, mengingat hasil laut yang dihasilkan oleh warga sangat melimpah seperti udang, ikan teri, kepiting, dan lain-lain.
Terasi Desa Macajah terbuat dari udang asli tanpa campuran bahan lain seperti ikan teri dan tepung, hal ini yang menjadi faktor utama terasi Macajah lebih unggul dari terasi-terasi yang lainnya. Terdapat dua proses untuk mengolah terasi Macajah yaitu petama melalui proses penumbukan dan yang kedua melalui proses penggilingan. Dari kedua proses tersebut, proses penumbukan menghasilkan terasi dengan rasa yang lebih enak. Hal tersebut merupakan faktor pendukung yang menjadikan terasi Desa Macajah menjadi terkenal.
Terasi Desa Macajah sudah terkenal di Daerah Bangkalan, bahkan sampai di luar Madura. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan pengiriman terasi oleh produsen-produsen ke Daerah Bangkalan dan luar Madura. Para produsen menjual hasil terasi mereka secara gelondongan tanpa adanya label dan pengemasan atau packing yang baik. Sehingga masyarakat di Madura maupun luar Madura tidak mengetahui nama produsen atau industri yang mengelola terasi tersebut. Hal tersebut sangat di sayangkan mengingat terasi produksi Macajah yang sangat unggul dan berpotensi menjadi icon dari Desa Macajah.




Pada tanggal 31 Juli kami mengadakan Konferensi Kampung Terasi yang bertempat di SMAN 1 Tanjung Bumi. Dengan tema Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Nilai Jual Terasi yang bertujuan untuk mengembangkan dan memasarkan terasi macajah lebih luas lagi. Materi pertama disampaikan oleh Mohamad Riki Efendi tentang strategi pemasaran dan pengemasan. Strategi pemasaran yang berpengaruh terhadap kualitas produk yaitu terdiri dari 4P, Product, Price, Place, dan Promosion. Materi kedua disampaikan oleh Barep Sofyan Affandy tentang E-marketing dan sedikit menyinggung tentang STP (Segmentation, Targeting, Positioning). 

Di Desa Macajah terdapat 5 produsen terasi yang tersebar dibeberapa dusun seperti Dusun Nyancangan, Dusun Masaran dan Dusun Budduk. Peresmian Kampung Terasi Desa Macajah dilaksanakan pada Minggu 07 Agustus 2016 yang dihadiri oleh  segenap perangkat desa, produsen terasi Desa Macajah, kelompok PKK dan masyarakat Desa Macajah.

Tujuan Program Kerja
1. Meningkatkan nilai jual beli terasi Macajah
2. Menyebarluaskan terasi Macajah atau pemasaran terasi Macajah
3. Memperbagus pengemasan atau packing terasi Macajah


0 comments:

Post a Comment