Wednesday, August 10, 2016

Tanjung Bumi dikenal sebagai kawasan batik tulis terbesar di Madura. Bukan hanya hasil produksinya yang telah mendunia, namun juga nama Tanjung Bumi itu sendiri. Hal ini berdampak positif karena dapat menjunjung tinggi nama Bangkalan di bidang pariwisata budaya. Namun, kepopuleran batik tulis Madura tidak diikuti oleh pengembangan wisata lainnya yang ada di Kabupaten Bangkalan. Salah satunya yaitu objek wisata alam di Kecamatan Tanjung Bumi, Bangkalan.



Pantai Masaran adalah salah satu objek wisata alam yang berlokasi di Dusun Masaran, Desa Macajah, Kecamatan Tanjung Bumi, Bangkalan. Sebagaimana disebutkan di atas, sejumlah objek wisata alam di Tanjung Bumi kurang dikembangkan dengan baik, sehingga kurang dikenal oleh masyarakat umum. Begitu pula dengan Pantai Masaran. Pantai ini belum memiliki fasilitas memadai untuk menunjang kenyamanan pengunjung. Salah satu yang krusial yaitu kurangnya area pepohonan mangrove di sekitar pantai. Padahal, pohon mangrove berperan besar dalam mencegah abrasi dan menjadikan lingkungan pantai lebih teduh.


Kurangnya area pepohonan mangrove di sekitar pantai berkibat pada rendahnya jumlah pengunjung Pantai Masaran. Bahkan, sebaran asal pengunjung hanya didominasi oleh masyarakat Bangkalan sendiri. Dalam jangka panjang, kondisi ini dapat menurunkan pendapatan warga Bangkalan yang menggantungkan hidupnya dari Pantai Masaran. Tidak hanya itu, kehidupan warga di sekitar pantai juga terancam akan adanya abrasi atau bencana alam lainnya yang membahayakan.
Berangkat dari latar belakang di atas, kami bermaksud mengadakan kegiatan penanaman pohon bertema “Pohon Untuk Macajah” sebagai salah satu pelaksanaan program Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang kami ikuti di semester genap tahun 2016. Adapun pelaksanaan program ini tidak terlepas dari tema yang diangkat pada KKN tahun ini, yaitu: Peningkatan Daya Saing melalui Inovasi Potensi Sumberdaya Lokal. Maka dari itu, kami memohon kerjasama dengan Dinas terkait di Kabupaten Bangkalan untuk memberikan bantuan materi berupa bibit pohon mangrove yang akan ditanam di sekitar Pantai Masaran. Kami juga membuka lebar segala bentuk bantuan yang dapat menunjang pelaksanaan program kerja kami.

Tujuan Proker
1.  Pengenalan pantai Masaran kepada publik,
2.  Memberikan bahan edukuasi kepada siswa-siswi SMA untuk menjaga dan     
     melestarikan lingkungan,
3. Sebagai bentuk kontribusi anggota KKN 81 dalam memberdayakan masyarakat di sekitar Pantai Masaran yang terletak di Desa macajah,
4. Sebagai wadah silaturahmi dan diskusi anggota KKN 81 dengan aparat Desa Macajah dan camat Tanjung Bumi.


0 comments:

Post a Comment