Wednesday, August 10, 2016



Desa Macajah memiliki potensi yang besar dalam mengembangkan sektor perikanan. Hal ini dikarenakan letaknya yang berada di kawasan pesisir, sehingga memiliki terdapat sejumlah tambak dan pantai/ laut. Jenis perikanan yang dihasilkan oleh nelayan Desa Macajah lebih didominasi oleh jenis perikanan laut, meliputi: ikan tongkol, kakap, cumi-cumi, teripang, dan udang. Masing-masing jumlah hasil tangkapan setiap kali panen ditunjukkan oleh tabel berikut:

No
Jenis Perikanan
Hasil Tangkapan/ Panen
1.
Tongkol
0,5 ton/th
2.
Kakap
0,15 ton/th
3.
Cumi-cumi
0,5 ton/th
4.
Teripang
0,1 ton/th
5.
Udang
1,2 ton/th








Hasil perikanan di Desa tidak terlepas dari jumlah pelaku perikanan di Desa Macajah yang cukup melimpah, dan terdiri dari berbagai jenis profesi. Mulai dari nelayan tangkap, pembudidaya ikan, pengolah ikan, hingga pedangang dan pengepul di pasar. Data pelaku perikanan di Desa Macajah ditunjukkan oleh tabel berikut:

No
Pelaku Perikanan
Jumlah
1.
Rumah Tangga Nelayan Tangkap
109 orang
2.
Rumah Tangga Pembudidaya Ikan
15 orang
3.
Rumah Tangga Pengolah Ikan
-
4.
Nelayan Perikanan Tangkap
98 orang
5.
Nelayan Pembudidaya ikan laut
-
6.
Nelayan Pembudidaya tambak/payau
118 orang
7.
Nelayan Pembudidaya air tawar
-
8.
Nelayan/Pemilik Kapal/Perahu
25 orang
9.
Nelayan Buruh
507 orang
10.
Nelayan Pengolah ikan/hasil laut
54 0rang
11.
Pedagang Pengumpul ikan
25 orang

Jenis alat tangkap yang digunakan oleh nelayan Desa Macajah diantaranya: pukat ikan (fish net) sebanyak 1 unit, pukat tarik lainnya (other trawl) sebanyak 5 unit, payang (danish seine/boat seine) dan jaring insang hanyut (drift gillnet) 1 unit, pancing ulur (hand line) 5 unit, sero (guiding barrier) 2 unit, serta bubu (portabel trap) 4 unit, dan jala lempar(cash net) sebanyak 4 unit.

Hasil ikan tangkapan nelayan Macajah tidak hanya dijual kepada pengepul di pasar,  namun juga ada yang menjadikannya sebagai produk olahan. Beberapa diantaranya yaitu: industry terasi udang, pemindangan ikan, kerupuk ikan, pengeringan (ikan asin) dan pengasapan (ikan asap). Data industri pengolahan hasil perikanan Macajah ditunjukkan oleh table berikut:

No
Jenis Industri
Jumlah
Tenaga Kerja
1.
Terasi
15 unit
30 orang
2.
Pemindangan ikan
4 unit
10 orang
3.
Kerupuk ikan
4 unit
5 orang
4.
Pengeringan (ikan asin)
1 unit
10 orang
5.
Pengasapan ikan
1 unit
2 orang
Dari kelima komoditas di atas, terasi merupakan produk olahan yang paling diunggulkan di Desa Macajah. Terasi Macajah dikenal memiliki rasa yang enak dan tahan lama. Hasil industri terasi di Desa Macajah telah didistribusikan hingga luar daerah Madura, diantaranya: Surabaya, Jakarta, dan Bali. Bahkan, salah satu industri terasi di Macajah mendapatkan penghargaan dari sebuah kompetisi produk unggulan di Jakarta.

 Salah satu ciri khas terasi Macajah yaitu bahan bakunya terbuat dari ebi murni, tanpa campuran ikan ataupun tepung. Cara pembuatannya juga berbeda dengan terasi pada umumnya, yaitu dilakukan dengan cara ditumbuk, bukan digiling. Sehingga, hasilnya lebih enak dan tahan lama. Bentuk terasi Macajah juga unik, yaitu berbentuk silinder. Jadi, mudah dikenali di pasaran

0 comments:

Post a Comment