Wednesday, August 10, 2016



Aktivitas pertanian di Desa Macajah kurang begitu memuaskan. Meskipun begitu, para petani di Desa Macajah senantiasa berupaya memproduksi hasil tanaman terbaik serta tetap mempertahankan kegiatan pertanian dan perkebunan.
       Hasil komoditas pertanian di Desa Macajah terdiri dari berbagai macam tanaman. Mulai dari jenis  tanaman palawija, obat-obatan keluarga, dan tanaman hortikultura. Namun, yang akan dibahas dalam uraian berikut adalah padi dan tanaman palawija. Berdasarkan data yang dihimpun Kabupaten Bangkalan, jenis tanama palawija yang dihasilkan oleh para petani di Desa Macajah antaralain: jagung dan ketela pohon.

No
Jenis Palawija
Luas (Ha)
Hasil Panen
1.
Jagung
211
3,14 Ton/Ha
2.
Ketela Pohon
97
3,97 Ton/Ha
3.
Padi sawah
106
4,05 Ton/Ha
4.
Padi ladang
84
3,68 Ton/Ha
      Data tersebut menunjukkan hasil panen tanaman jagung  mencapai 3,14 Ton/Ha, dengan luas lahan mencapai 211 Ha. Sementara hasil tanaman ketela pohon mencapai 3,97 Ton/ Ha dengan luas lahan mencapai 97 Ha. Serta hasil tanaman padi sawah mencapai 4,05 ton/Ha dengan luas lahan 106 Ha dan lahan padi ladang seluas 84 Ha dengan hasil panen 3,68 ton/Ha.
      Dari data di atas, dapat diketahui hasil pertanian terbanyak yaitu komoditas padi. Tentunya hal ini tidak mengherankan, karena padi merupakan bahan makanan pokok orang Indonesia, termasuk yang ada di Desa Macajah, Tanjung Bumi.
      Banyaknya hasil panen di Desa Macajah tidak terlepas dari keberadaan para petani Macajah itu sendiri. Menurut data yang dihimpun data Kabupaten Bangkalan, sebanyak 126 keluarga di Desa Macajah merupakan rumah tangga yang menggantungkan hidupnya dari sektor pertanian. Selain data tersebut, ada pula yang data pelaku pertanian yang ditunjukkan sebagai berikut:

No
Jenis Pekerjaan
Jumlah
1.
Pemilik tanah sawah
53 orang
2.
Pemilik tanah ladang/ tegalan
102 orang
3.
Penyewa/ penggarap
158 orang
4.
Penyakap
-
5.
Buruh tani
126 orang
Jika dianalisis berdasarkan peruntukan lahan pertanian di Desa Macajah, penggunaan lahan terbanyak yaitu diperuntukkan sebagai ladang/ lahan tanaman palawija, yaitu 283,10 Ha. Setelah itu, diperuntukkan sebagai lahan sawah, yaitu seluas 144,00 Ha, dan terakhir siperuntukkan sebagai lahan ternak, yaitu seluas 7,00 Ha. Sementara data penggunaan lahan lainnya, seperti untuk sayuran, buah-buahan dan tanaman hias masih belum ada.


No
Peruntukan Lahan Pertanian
Luas (Ha)
1.
Sawah
144.00
2.
Ladang/ Palawija
283.10
3.
Kebun buah-buahan
-
4.
Sayuran
-
5.
Perkebunan (tanaman keras)
-
6.
Tanaman hias
-
7.
Lahan ternak
7.00

Dari data di atas, dapat diketahui penggunaan lahan di Desa Macajah didominasi oleh penggunaannya sebagai ladang dan lahan tanaman palawija. Tidak mengherankan, hasil tanaman palawija di desa ini juga melimpah.

0 comments:

Post a Comment