Wednesday, August 10, 2016



Desa macajah merupakan salah satu desa yang terdapat di Kecamatan Tanjung Bumi, terdiri dari enam dusun yakni Budhuk, Guweh, Dabbung, Masaran, Nyancangan, Pengalangan. Dari ke enam dusun tersebut profesi masyarakat berbeda-beda sesuai dengan sumber daya alam yang ada. Namun, pada umumnya profesi masyarakat lebih dominan sebagai Nelayan, meskipun tidak sedikit yang berprofesi sebagai petani, sedangkan sisanya berprofesi sebagai pegawai negeri dan produsen batik yang telah mencapai pasar luar negeri. Sehingga produk yang menjadi andalan dari desa macajah meliputi Terasi, Batik Tulis, dan Ikan Teri.

Kehadiran pasar tradisional yang ada disekitar jalan raya menjadi jantung kehidupan bagi masyarakat macajah dan sekitarnya. Pasar akan ramai ketika hari menjelang siang, sehingga kepadatan jalan raya tidak dapat dihindari lagi. Berbagai jenis dagangan yang dijual di pasar tersebut, meliputi sayuran, hasil laut, buah-buahan, bumbu dapur, dan pakaian. Namun, melihat pemandangan yang sangat tidak asing dipasar, seperti sampah buah-buahan, plastik dan kertas-kertas bekas menjadi masalah tersendiri.


Oleh karena itu, melihat adanya peluang yang dapat dikembangkan dari sampah-sampah pasar tersebut, khususnya buah-buahan busuk dapat di olah menjadi pupuk pertanian yang ramah lingkungan. Selain menjadi produk pertanian yang unggul, para petani akan memiliki pengetahuan baru tentang pertanian yang berkelanjutan, pertanian yang berkelanjutan akan berdampak positif pada lahan pertanian dimasa depan. Baik dari kesehatan tanah, organisme kecil, rantai makanan terlindungi serta kesehatan masyarakat.
Berkaca dari hal-hal diatas, pelatihan pupuk organik cair (POC) merupakan salah satu solusi menghadapi ketersediaan sampah buah-buahan yang melimpah. Masyarakat dapat membuat sendiri di rumah karena tahapan pembuatan yang sederhana, bahan-bahan untuk pembuatan pupuk juga mudah didapatkan. Sehingga, disamping petani mendapatkan pengetahuan baru dan produk mandiri, secara tidak sengaja petani juga mengurangi sampah pasar yang menganggu lingkungan.

Tujuan Program Kerja
1.    Memanfaatkan bahan-bahan sisa dari pasar, maupun rumah tangga.
2.    Memberikan wawasan kepada petani tentang pupuk organik yang ramah lingkungan.
3.    Mensosialisasikan pertanian yang berkelanjutan dengan penggunaan bahan organik yang berasal dari alam


0 comments:

Post a Comment