Tuesday, January 16, 2018


Mendapatkan karunia yang begitu besar dengan adanya lahan persawahan di manfaatkan betul oleh masyarakat dusun Dabhung, Desa Macajah, Kec. Tanjung Bumi, Kab. Bangkalan. Mayoritas masyarakat di sana memilih padi ketika musim panas dan jagung saat musim penghujan untuk ditanam di ladang mereka.

Kondisi ini membuat mahasiswa dari Universitas Trunojoyo Madura yang sedang menjalankan program Kuliah Kerja Nyata tertarik melihat kondisi dusun tersebut melalui kepala dusun atau biasa disebut apel. Sambil menunjukkan hasil panen jagungnya yang melimpah, Kepala Dusun Dabhung, Bunarwi mengatakan "Disini itu dek lagi panen jagung, kalau musim hujan jagungnya ya banyak kayak ini" katanya.

Bunarwi juga menyebutkan bahwa selain untuk di konsumsi dirinya dan keluarganya, jagung yang dia panen juga bisa dibuat sebagai makanan bagi hewan ternaknya. "Dikeringin nanti dibuat makan ternak." Sambungnya.

Kepala Dusun tersebut juga menambahkan bahwa setiap warga disini juga mendapatkan hasil panen yang melimpah seperti dirinya. (KKN14/akw)

0 comments:

Post a Comment