Monday, January 22, 2018


Buah adalah salah satu bahan makanan yang mudah menjadi sampah atau limbah tak berguna. Mengingat buah-buahan yang dijual di pasar-pasar tradisional, tak selamannya buah yang dijual itu laku dan habis terjual. Atas dasar itulah, muncul sebuah gagasan untuk memanfaatkan buah busuk yang melimpah menjadi barang-barang berguna, yaitu pupuk.

Pembuatan pupuk oragnik dari buah-buahan memiliki banyak manfaat. Selain dapat dimanfaatkan oleh para penjual buah, langkah ini juga sangat membantu para petani yang membutuhkan pupuk. Banyak keuntungan yang dapat diperoleh, salah satunya yaitu murah dan pupuk yang dihasilkan pun ramah lingkungan.

Ketika minggu lalu mahasiswa KKN dari Universitas Trunojoyo Madura mengunjungi Warga Desa Macajah, Tanjung Bumi kini bisa mengaplikasikan gagasan pembuatan pupuk organik cair (POC) tersebut dari buah-buahan busuk. Setelah kami tanyakan kepada salah seorang warga dusun Dhabung Gagasan ini dilakukan setelah warga desa Macajah mengikuti Pelatihan Pembuatan Pupuk dari Buah-Buahan Busuk yang dilakukan oleh mahasiswa/i KKN dari Universitas Trunojoyo Madura pada awal Agustus 2016 lalu dari kelompok KKN tahun sebelumnya.

Saat ini warga Desa Macajah telah mengaplikasikan pelatihan yang mereka terima tahun lalu untuk membuat pupuk dari buah-buahan busuk. Koordinator desa Kelompok 14 mahasiswa KKN tahun ini, Novian Adi Yarno mengaku senang ketika melihat warga dusun Dhabung telah bisa mengolah limbah yang ada didusunnya tersebut. (kkntahun2016/akw)

0 comments:

Post a Comment