Tuesday, January 23, 2018

Salah satu destinasi wisata budaya di Desa Macajah yaitu sentra kerajinan batik tulis Madura. Sentra batik tulis di Desa Macajah tersebar di 6 dusun, terutama di Dusun Nyancangan dan Masaran. Di kedua dusun tersebut terdapat banyak industri rumahan batik tulis Madura yang dapat dikunjungi. Tidak hanya membeli oleh-oleh berupa kain batik tulis Madura, pengunjung juga dapat belajar membatik dari pemilik industri.
 Sebagai bagian dari Kecamatan Tanjung Bumi, Desa Macajah memang telah memiliki sejarah panjang dalam melestarikan kerajinan batik tulis Madura. Budaya membatik merupakan warisan leluhur yang diturunkan secara turun temurun, dari generasi ke generasi. Dahulu, sambil menunggu sang suami pulang berlayar ke negeri yang jauh, para perempuan Tanjung Bumi menghabiskan waktu luangnya dengan membatik
Lama-lama, kegiatan tersebut tidak hanya dijadikan sebagai pengisi waktu luang, tapi telah menjadi ladang usaha. Beberapa warga di Macajah ada yang memproduksi usaha batiknya sendiri, ada pula yang hanya menjadi buruh pembatik untuk produksi batik di Tanjung Bumi.
Dalam selembar kain batik tulis Tanjung Bumi, Anda dapat merasakan cita rasa seni budaya yang tinggi. Setiap detail yang dimunculkan tidak terlepas dari ekologi pembuatnya yang merupakan masyarakat pesisir. Salah satunya ditunjukkan oleh motif bernuansa lautan, seperti sisik ikan, kerang, dan sulur rumput laut.
Salah Satu jenis batik Tanjung Bumi yang terkenal yaitu batik gentongan. Jenis batik ini juga diproduksi oleh salah satu industry batik di Macajah. Batik gentongan memiliki keunikan tersendiri, karena membutuhkan waktu hingga satu tahun untuk menghasilkan selembar kain batik. Sebab, kain batik direndam di sebuah gentong sebelum di jemur agar warnanya terang dan tahan lama. (kkntahun2016/akw)

0 comments:

Post a Comment