Friday, January 19, 2018


Buku adalah jendela dunia. Ungkapan itu sudah sering disebut setiap orang untuk mengungkapkan pentingnya peranan buku bagi proses pembelajaran. Di tengah perkambangan pendidikan seperti saat ini, nyatanya pendidikan di pedesaan masih saja kekurangan buku untuk menunjang proses pembelajaran.

Ibu Iis selaku guru Agama di SDN 01 Macajah saat ditemui sebelum mengajar pada hari Rabu (17/01/18) mengungkapkan sulitnya mendapatkan buku yang sesuai untuk proses pembelajaran di sekolah tempat dia mengajar hingga harus membeli buku melalui online market "kalau untuk materi agama tidak terlalu sulit karena mereka sering mengaji, yang sulit itu guru-guru kelas, kita sampai beli buku online karena kurang disini." Ungkapnya.

Wanita berhijab itu juga berharap kepada pemerintah supaya lebih memperhatikan pasokan buku untuk sekolah yang ada di pedesaan "Kalau harapannya mungkin nomor satu buku, kasian anak-anak kalau nulis terus." Harapnya.

Meskipun dengan keterbatasan buku, SDN 01 Macajah membuktikan bahwa semangat belajar masih menjadi hal yang bisa merubah kondisi tersebut. Hal itu dibuktikan dengan berbagai macam prestasi juara dalam bidang agama seperti Tartil Al-Qur'an dan Busana Muslim. (akw)

0 comments:

Post a Comment