Friday, January 26, 2018


Batik merupakan salah satu kearifan lokal turun menurun masyarakat Desa Macajah yang terletak di Kec. Tanjung Bumi, Kab. Bangkalan. Tanjung Bumi sendiri merupakan kecamatan yang cukup terkenal dengan batiknya, salah satu motif batik yang dikenal masyarakat luas adalah Batik Gentongan.

Menurut salah seorang pengrajin sekaligus pengusaha batik di desa Macajah, tepatnya di dusun Nyancangan Hj. Rusmidah, Batik Gentongan memiliki proses yang cukup panjang hingga memakan waktu 1,5 tahun "kalau batik Gentongan itu, jadinya bisa sampai satu setengah tahun karena proses membatiknya empat kali." Ungkapnya.

Hj. Rusmidah juga menambahkan bahwa warna batik Gentongan tidak akan luntur karena proses memasak hingga 2 bulan lamanya "waktu proses masak, ini di ungkep dulu di tong yang ada pewarnanya selama dua bulan." Jelasnya saat ditemui di rumah beliau.

Karena prosesnya yang panjang, batik Gentongan tidak bisa di produksi setiap saat seperti batik lainnya. Pecinta batik harus memesan sekitar satu tahun sebelum menikmati cita rasa seni kearifan lokal yang ada dalam batik Gentongan tersebut. (Akw)

0 comments:

Post a Comment