Tuesday, January 16, 2018


Dabhung merupakan salah satu dusun yang terdapat di desa Macajah, Kecamatan Tanjung Bumi, Kabupaten Bangkalan. Dusun yang terletak di sebelah Barat Balai Desa Macajah ini memiliki sejarah cukup panjang.

Awalnya, dusun Dhabung memiliki nama Tengghinah yang berarti ucapan yang selalu di tinggikan. Tengghinah sendiri berawal dari sebelum Indonesia meraih kemerdekaan tepatnya pada masa Kerajaan, pada saat itu seorang raja yang memakai baju serba hitam atau biasa disebut odheng selalu mengucapkan perkataan yang selalu dianggap benar oleh rakyatnya pada masa itu.

Dhabbung' secara etimologi berasal dari kata Dhabbu dalam bahasa madura yang berarti Berucap. Berawal dari seorang Kyai yang pada saat itu mengikuti pertemuan di Bangkalan bersama Raja di Madura. Kyai tersebut berpakaian serba hitam dan memakai hiasan di kepala yg biasa orang Madura sebut Odheng.

Cerita tersebut di ceritakan jelas oleh Kepala Dusun atau Apel Dabhung saat ini, Bunarwi yang sudah menjadi Kepala Dusun sejak 31 tahun yang lalu. (KKN14/akw)

0 comments:

Post a Comment