Monday, January 15, 2018



Belajar adalah hak setiap warga negara, kalimat tersebut sering kali terdengar dimana-mana. Belajar juga sudah bukan lagi perihal yang mahal dan susah didapat. Semangat belajar yang tinggi merupakan salah satu kunci untuk meraih kesuksesan di masa yang akan datang.

Di tempat yang cukup jauh dari pusat kota dan hirup pikuk perkotaan, masih tersimpan semangat belajar yang tinggi dari generasi penerus bangsa ini. Salah satunya dapat kita temukan di SDN 01 Macajah yang terletak di desa Macajah kecamatan Tanjung Bumi, Kabupaten Bangkalan. Ketika beberapa mahasiswa yang tergabung dalam kelompok 14 Kuliah Kerja Nyata dari Universitas Trunojoyo Madura membantu proses belajar mengajar di SD tersebut pada hari Senin (15/01/2018), mereka menemukan antusiasme belajar yang tinggi dari siswa-siswi di sana.

Salah satu murid yang bernama Aulia mengatakan bahwa dirinya sangat senang belajar terutama ketika suasana mengasyikkan dan para pengajar menyampaikan materi dengan di selipi beberapa candaan. "Senang banget belajar gini, apalagi kakaknya ngajarnya asyik, suka bercanda". Menurutnya.

Selain belajar akademik, para siswa di SDN 01 Macajah juga diberikan pembelajaran tentang kedisiplinan. Pembelajaran non akademik tersebut ternyata bisa menuai prestasi yang membanggakan dengan meraih juara 4 kali berturut-turut tingkat kecamatan.

Salah seorang Guru SDN Negeri 01 Macajah, Sri Suhartini menyampaikan "kemarin itu pernah juara empat kali berturut-turut lomba gerak jalan se-Tanjung Bumi" Ujarnya dengan logat Madura yang kental.

Untuk lokasi sekolah sendiri, SDN 01 Macajah berada tepat di depan Balai Desa Macajah. Terkait jumlah murid sekolah ini memiliki total 192 murid tetap yang bertempat tinggal di sekitar lokasi sekolah tersebut.

0 comments:

Post a Comment